Rabu, 25 Maret 2015

Tips-Tips Menghadapi Customer di Online Shop



Halloooooo...
Lama banget udah gak nulis, hampir aja lumutan nih blog hehe..
Kenapa udah gak pernah nulis lagi ? udah jarang galau yaa hi hi hi..
Gak juga sih, Cuma lagi sibuk sama online shop aja jadi blog gak kepegang, huhu maaf yaaa:-D

Hmm.. bahas apa ya? Berhubung hati gue lagi adem ayem gak galau-galau lagi rasanya gak ada yang bisa dibahas deh kalo masalah cinta-cintaan hehe.

Ohiya, berhubung sekarang gue lagi fokus sama online shop gue, gue akan bahas tentang macam-macam customer dan cara mengatasi nya.

 

Gue punya online shop mulai dari bulan Desember, dan alhamdulilah sampai sekarang lancar & trusted kok, coba aja di cek di instagram @thequeenshop18 banyak testi nya lhoo *promosi*

Banyak banget yang gue temuin selama gue jualan online di instagram. Mulai dari customer yang bawel nya minta ampun, customer yang suka Hit & Run itu udah pernah gue dapetin dan intinya sabar-sabar aja kita sebagai penjual, yang namanya pembeli itu kan Raja, jadi harus dilayani dengan baik, tapi bukan berarti customer harus bertindak seenaknya ya, harus bisa saling menghargai seller nya juga.

Kayaknya kalo cuma ngadepin customer yang bawel & yang suka Hit & Run, gue masih bisa sabar. Tapi kalo customer nakal gimana ya?? Syukurnya sih gue belom pernah dapet customer nakal dan jangan sampe dapet.

Nih, ciri-ciri customer & cara mengatasi nya. ( simak baik-baik ya gan/sis/bro )

1. Customer Males Baca Caption / Bio.

     Yes. Gue sering banget dapet customer kayak gini. Kesel banget sih, udah capek-capek ngetik caption dengan sedetail mungkin eh masih gak dibaca juga. Kalau pertanyaannya yang gak ada dicaption ya masih gue jawab lah ya, tapi kalo yang ada di caption tetep ditanya juga itu kelewatan namanya. Apa susah nya sih baca? Jangan Cuma dilihat doang foto barangnya. Masih ada juga yang suka tanya "Cara ordernya gimana? ada pin BB? Ada Id line? Gak sekalian atuh tanya alamat rumah, makanan kesukaan dll hiks. Tapi gak apa-apa kita mah apa atuh cuma seller dan kewajibannya memang harus sabar dan melayani customer sebaik mungkin hehe.. Masih mending kalau udah tanya panjang x lebar dan ujung-ujung nya beli, lah ini udah tanya ini itu malah gak jadi beli, sakit nya tuh di jempol, kebanyakan ngetik. 

Cara mengatasi nya adalah :
  • Jawab baik-baik kalaupun semua yang ditanya itu ada di caption, anggap aja customer nya minta diajarin baca hehe...
  • Kasih pelayanan sebaik mungkin, karena image sebuah perusahaan di lihat dari bagaimana penjual melayani pembeli.
  • Kalau masih tanya-tanya dan berakhir dengan gak beli, kuncinya adalah SABAR.
2. Customer Hit & Run.

     Semestinya kalau memang belum pasti beli jangan minta ditotalin dan minta nomor rekening dan janji transfer bla bla bla itu sama aja kayak kasih harapan palsu ke seller. Seller juga manusia yang punya hati dan paling gak mau di PHP.in apalagi seller nya cewek, suka baper kalau di PHP.in *curhat* lebih baik gak usah tanya dan janji apa-apa dulu kalau memang masih belum ada niat buat beli hehe. Ibarat nya  Hit & Run di dunia nyata itu ya, Lo udah didepan kasir, kasir udah kasih total & struk belanja udah keluar. Trus lo bilang “ Maaf mba, gak jadi atau lo langsung melengos pergi”. Gitu kan ? Hmm.. 


Cara mengatasi nya adalah :

  • Jangan packing dulu sebelum uang dari customer masuk ke rekening kita, jadi gak repot bongkar kalau ternyata customer nya kabur.
  • Kasih rules maximal keep 1 x 24 jam atau first pay first get.
  • Kalau sudah melebihi batas max keep, cukup tanya sekali aja. Kalau di cancel yaudah gak apa-apa </3 Tapi kalau dia janji nanti-nati mending tetep di cancel aja biar customer lebih menghargai seller dan kita gak rugi waktu nunggu-nunggu dia yang belum jelas kapan mau transfer.
  • Kalau endingnya buyer gak jadi beli/cancel? Mungkin rezeki si penjual ada dipembeli yang lain :)
3. Customer Nakal. 

      Ini terakhir dan jangan sampai ada yang dapat customer kayak gini ya. Marak nya penipuan dalam online shop ini bukan Cuma seller nya aja lho yang suka nipu tapi customer juga ada yang nipu. Nipu nya gimana? Mereka kasih bukti transfer palsu!! Zaman sekarang zaman serba canggih, semua bisa di buat dan diedit-edit. Kalau yang lengah dan terlanjur percaya dengan bukti transfer yang dikasih customer , barang sudah dikirim dan ternyata uang belum masuk, customer nya gak bisa dihubungin, yaudah deh wassallam.
 
Cara mengatasi nya adalah :

  • Setiap online shop wajib punya internet/mobile banking.
  • Wajib cek mutasi setelah customer sudah melakukan pembayaran.
  • Jangan terlalu percaya dengan bukti transfer yang diberikan customer, cek mutasi lebih akurat.
  • Tunggu max 2 hari, siapa tahu bank tersebut ada gangguan. Tapi, Jika lewat dari 2 hari customer tidak ada kabar & uang belum masuk jangan di proses barangnya.
  • Kalau sudah ketahuan nipu dengan memberikan bukti transfer palsu, segera blacklist agar tidak ada korban lain yang tertipu.


Ok, Cuma segitu yang gue tau. Mungkin masih ada ciri-ciri lain ?? Maaf yaaa kalau tulisan ini masih ada salah-salah kata atau menyinggung perasaan orang lain. Gak ada niat buruk, Cuma mau bantu sesama seller agar lebih berhati-hati dan lebih sabar lagi dalam menghadapi macam-macam customer. Dan untuk customer, be a smart buyers ya! Terimakasih sudah baca, semoga bermanfaat dan sukses selalu.
 




6 komentar:

  1. ka jualan apa ya ? produkny apa ? produk kecantikan ya ? rumahnya mana ? tokonya dimana ? bapaknya siapa ? malam minggu main yuk ?

    nahloh...
    keren ka... lanjutkan bisnismu nanti kalau sudah untung banyak bagi profitnya... hahaha

    BalasHapus
  2. Sblmnya makasih udh baca hehe..

    Waduh pertanyaannya banyak bgt hihi..
    Boleh..boleh tuh aku bagi nanti, aku 99% kamu 1% yah hihhii...

    BalasHapus
  3. Mbak gmn menghadapi customer yang banyak? Apa ga pusing?

    BalasHapus
  4. tips nya membantu bingit.. hihi yang solusi Hit & Run itu masuk ke UTS etika bisnis 😅

    BalasHapus
  5. Klo dapet customer nakal misal kirim bukti tf palsu. Si customer nakal mnding di share atau cukup blacklist dari olshop kita aja

    BalasHapus