Selasa, 24 Juni 2014

Bosan ya?

Gue rasa semua orang pasti pernah ngalamin ini. Keadaan dimana kita merasa hidup kita jadi terkesan biasa-biasa aja. Gak ada yang berubah dan begini-gini aja (monoton). Entah itu urusannya sama pekerjaan, teman, atau bahkan sama pasangan sekalipun pasti pernah merasakan jenuh.

Sebenernya, rasa bosan itu muncul dari dalam diri kita sendiri. Dimana kita yang membuat Bosan itu hadir dengan sendirinya. Kita yang gak mau mencoba untuk melakukan sesuatu yang baru sehingga kita jadi keasyikan sama aktifitas kita sehari-hari yang itu-itu aja sampai akhirnya kita berada dalam titik jenuh.

Ada beberapa orang yang gue lihat, mereka yang melakukan aktifitas itu-itu aja disetiap harinya tapi kenapa mereka bisa terlihat biasa aja? Gak pernah ngeluh bosen ataupun capek. Karena mereka bisa membawa dirinya sendiri ke dalam keadaan yang nyaman. Mereka gak pernah mempermasalahkan atau memikirkan sesuatu yang spele.


Dalam pekerjaan, kita juga sering merasa bosan. Bosan dengan tugas kantor yang itu-itu aja disetiap harinya. Beda dengan sekolah walaupun ada tugas juga tapi materi yang dipelajari itu selalu beda disetiap hari nya bahkan disetiap jam nya juga berbeda dengan pergantian mata pelajaran. Dikantor itu kita dituntut harus profesional, gak ada kata PR atau pun remedial. Semua pekerjaan harus terselesaikan dan itu dikerjakan secara masing-masing. Beda dengan sekolah, gak ngerjain PR aja masih bisa ngerjain disekolah, udah gitu nyontek punya temen lagi hehehe..

Bukan hanya dalam kantor, dalam percintaan juga sering sekali terjadi. Putus karena bosan, hubungan terjalin cukup lama sampai akhirnya titik jenuh itu hadir dengan sendirinya. Dimana selalu ada ucapan selamat pagi/malam setiap hari dengan kata yang sama. Yang pada awalnya ucapan itu diucapkan sebagai salam sayang kita kepasangan sekarang malah jadi rutinitas yang wajib diucapkan dengan kata-kata yang sama, ucapannya bukan karena perasaan tulus ngucapin, tapi hanya karena rutinitas. Bosen kan?

Kesibukkan masing-masing juga jadi pengaruh kuat loh hubungan kandas gitu aja. Ya mugkin yang waktu itu pacaran nya masih sekolah sekarang udah pisah dan harus melanjutkan kesekolah lain/ bekerja hingga akhirnya yang tadinya deket banget sekarang jadi menjauh karena kesibuk kan masing-masing. Udah jarang ngasih kabar dengan alasan takut ganggu kesibukannya.

Kalau lo gak ngabarin hanya karena takut ganggu dia yang lagi sibuk itu salah, kalau ternyata dia yang lo anggap sibuk ternyata malah nunggu kabar lo juga gimana? Trus dia gak mau ngabarin juga karena takut ganggu kesibukan lo juga gimana? Kan pacaran, kok jadi saling takut ganggu gitu sih. Awalnya kalian saling terbuka tapi kenapa sekarang malah jadi sembunyiin perasaan masing-masing. Kabarin aja walau hanya sekedar ngasih Semangat atau Ngingetin jangan lupa makan, ga ada alasan untuk seseorang marah kalau disela kesibukkannya dapet semangat dan ucapan dari orang yang dia sayang.

Jadi intinya semua itu bisa dirubah , semua hanya karena kita kurang mensyukuri hal-hal kecil. Semestinya kita bersyukur bisa bekerja karena banyak orang diluar sana yang pengangguran dan sangat membutuhkan pekerjaan. Seperti yang gue bilang diawal, bosan itu muncul nya dari dalam diri kita sendiri. Lalu bagaimana cara nya agar rasa Bosan itu hilang, ya dengan cara kita merubah cara hidup dan pola fikir kita sendiri. Jujur aja, gue nulis seperti ini bukan karena gue yang dewasa dan gak pernah bosan. Tapi justru gue adalah orang yang gampang banget bosan dan kurang bersyukur. Tapi apa yang gue dapet dengan perasaan seperti itu, gue capek sendiri dihantuin sama fikiran negativ dan rasa khawatir yang berlebihan tanpa alasan.

Mulai sekarang, gue atau siapapun yang merasa hidup nya monoton, harus bisa melawan rasa jenuh dengan cara merubah pola fikir kita sendiri, niat didalam hati ingin berubah. Karena kebahagiaan yang sederhana itu bisa kita dapatkan dengan cara mensyukuri hal-hal kecil.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar